Sistem operasi
dibagi menjadi 2 yaitu: -GUI (Graphic User Interface)
-CLI (Command Line Interface)
- GUI adalah sistem operasi yang menggunakan simbol,
lambang, icon.
- CLI adalah tipe antarmuka dimana
pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal.
Tujuan pokok sistem
komputer adalah untuk mengolah data untuk
menghasilkan informasi sehingga perlu di dukung oleh elemen-elemen yang terdiri
dari HARDWARE, SOFTWARE, dan BRAINWARE .
-Perangkat keras
(hardware) : adalah Peralatan komputer itu sendiri .
-Perangkat lunak
(software) : adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan
proses tertentu .
-Pengguna(brainware) :
adalah manusia yang terlibat mengoperasikan dan
mengatur sistem computer.
Atau yang mengendalikan
hardware dan software.
PERBEDAAN DATA DENGAN
INFORMASI
-Data : adalah
Kesimpulan yang belum dibenarkan kebenarannya.
-Informasi : adalah
Kesimpulan yang sudah pasti / jelas kebenarannya.
STRUKTUR DAN FUNGSI KOMPUTER
Struktur
: -Input
Device -Memory
-Output
Device
-CPU
-i/o
Ports (input output)
1. Input Device :
-Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai
alat memasukan data
ke dalam komputer .
Input device alat yang digunakan untuk menerima input dari luar komputer.
~Contohnya : Keyboard,
Pointing Device (Mouse, Touch Screen, Light pen, Digitizer graphic tablet),
Scanner (Magnetic ink recognition, Optical data rader, Optical character
recognition rader), Sensor (Digitizing camera, Voice record nige(micropone) .
2. Output Device : Perangkat
keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan pengeluaran sebagai hasil
pengolahan data . Keluaran dapat berupa HARDCOPY(ke
kertas), SOFTCOPY(ke monitor), ataupun berupa suara .
-Contoh : -HardCopy
Device : Printer
-SoftCopy Device : Scanner
3. i/o Ports :
Alat bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar. i/o ports disebut
juga sebagai interface .
4.Cpu : Sistem computer yang mempunyai 2 fungsi operasional ALU (Aritmatic Logical Unit) dan CU (Control Unit)
CU
(Central Unit)
- ALU : Unit yang berfungsi untuk menghitung
- CU : Unit yang mengendalikan seluruh bagian dari CPU .
5. Memory :
Alat untuk menyimpan (RAM,ROM)
- RAM (Random Acces Memory) adalah semua data dan program yang di masukan melalui alat
input akan di simpan melalui RAM . yang dapat di akses secara manusia, RAM
(dapat diisi/ditulis, diambil,dihapus isinya) .
-ROM
(Read Only Memory) hanya dapat di baca sehingga pemogram tidak bisa mengisi
sesuatu ke ROM . Dalam arti lain ROM sudah diisi pada pabrik pembuatnya berupa
sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang di perlukan oleh
sistem operasi, seperti mengatur tampilan karakter di layar, pengisian tombol
kunci papan ketik, dan program BOOTSTRAP .
BOOTSTRAP adalah Bootstrap adalah Boot atau booting.
Dalam perangkat keras berarti proses mengaktifkan komputer sampai diambil alih oleh sistem operasi. Proses boot ini dikenal dengan dua cara, yaitu warm boot dan cold boot.Warm boot, berarti mengaktifkan kembali, tanpa harus dimatikan terlebih dahulu, misalnya dengan menekan tombol reset, atau memencet sekaligus tombol CTRL+ALT+DEL pada sistem operasi Disk Operating System (DOS).
MACAM MACAM BOOTSTRAP
Dalam perangkat keras berarti proses mengaktifkan komputer sampai diambil alih oleh sistem operasi. Proses boot ini dikenal dengan dua cara, yaitu warm boot dan cold boot.Warm boot, berarti mengaktifkan kembali, tanpa harus dimatikan terlebih dahulu, misalnya dengan menekan tombol reset, atau memencet sekaligus tombol CTRL+ALT+DEL pada sistem operasi Disk Operating System (DOS).
MACAM MACAM BOOTSTRAP
Bootstrap loader adalah sebuah program yang cukup sederhana untuk dipanggil
secara manual dengan pertolongan sakelar. Program ini mampu memanggil program
pemanggil lain yang lebih kompleks sehingga dapat menjalankan program buatan
sendiri.
Bootstrapping adalah pemuatan dan execution program bootstrap loader.Bootstrap ButtonAdalah tombol atau sakelar yang pertama kali akan ditekan apabila hendak menyalakan komputer. Penekanan tombol ini akan menyebabkan sistem operasi berhubungan dengan memori.
Bootstrap program adalah kode yang disimpan di code ROM yang dapat menempatkan kernel, memasukkannya kedalam memori, dan memulai eksekusinya
Bootstrapping adalah pemuatan dan execution program bootstrap loader.Bootstrap ButtonAdalah tombol atau sakelar yang pertama kali akan ditekan apabila hendak menyalakan komputer. Penekanan tombol ini akan menyebabkan sistem operasi berhubungan dengan memori.
Bootstrap program adalah kode yang disimpan di code ROM yang dapat menempatkan kernel, memasukkannya kedalam memori, dan memulai eksekusinya
Pengertian Definisi
ALU
ALU (Arithmatic
Logical Unit) adalah salah satu bagian/komponen dalam sistem di dalam
sistem komputer yang berfungsi melakukan
operasi/perhitungan aritmatika dan logika (Contoh operasi
aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi
logika adalah logika AND dan OR. ALU bekerja besama-sama memori, di mana hasil
dari perhitungan di dalam ALU di simpan ke dalam memori.
Perhitungan dalam ALU
menggunakan kode biner, yang merepresentasikan instruksi yang akan dieksekusi
(opcode) dan data yang diolah (operand). ALU biasanya menggunakan sistem
bilangan biner two’s complement. ALU mendapat data dari register.
Kemudian data tersebut diproses dan hasilnya akan disimpan dalam register
tersendiri yaitu ALU output register, sebelum disimpan dalam memori.
Pada saat sekarang ini
sebuah chip/IC dapat mempunyai beberapa ALU sekaligus yang memungkinkan untuk
melakukan kalkulasi secara paralel. Salah satu chip ALU yang sederhana (terdiri
dari 1 buah ALU) adalah IC 74LS382/HC382ALU (TTL). IC ini terdiri dari 20 kaki
dan beroperasi dengan 4×2 pin data input (pinA dan pinB) dengan 4 pin keluaran
(pinF).
Arithmatic Logical
Unit (ALU), fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data
yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU
terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi.Tugas
utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang
terjadi sesuai dengan instruksi program. Rangkaian pada ALU (Arithmetic and
Logic Unit) yang digunakan untuk menjumlahkan bilangan dinamakan dengan Adder.
Adder digunakan untuk memproses operasi aritmetika, Adder juga disebut
rangkaian kombinasional aritmatika.
Ada 3 jenis adder:
1.
Rangkaian Adder dengan menjumlahkan dua bit disebut Half Adder.
2.
Rangkaian Adder dengan menjumlahkan tiga bit disebut Full Adder.
3.
Rangkain Adder dengan menjumlahkan banyak bit disebut Paralel Adder
1. HALF ADDER
Rangkaian Half
Adder merupakan dasar penjumlahan bilangan Biner yang terdiri dari satu
bit, oleh karena itu dinamai Penjumlah Tak Lengkap.
a. jika A = 0 dan B =
0 dijumlahkan, hasilnya S ( Sum ) = 0.
b. jika A = 0 dan B =
1 dijumlahkan, hasilnya S ( Sum ) = 1.
c. jika A = 1 dan B =
1 dijumlahkan, hasilnya S ( Sum ) = 0
jika A = 1 dan B =1
dijumlahkan, hasilnya S ( Sum ) = 0. dengan nilai pindahan cy(Carry
Out) = 1
Dengan demikian, half
adder memiliki 2 masukan ( A dan B ) dan dua keluaran ( S dan Cy ).
2. FULL ADDER
Sebuah Full
Adder menjumlahkan dua bilangan yang telah dikonversikan menjadi
bilangan-bilangan biner. Masing-masing bit pada posisi yang sama saling
dijumlahkan. Full Adder sebagai penjumlah pada bit-bit selain yang
terendah. Full Adder menjumlahkan dua bit input ditambah dengan
nilai Carry-Out dari penjumlahan bit sebelumnya. Output dari Full
Adder adalah hasil penjumlahan (Sum) dan bit kelebihannya (carry-out).
3. PARALEL ADDER
Rangkaian Parallel
Adder adalah rangkaian penjumlah dari dua bilangan yang telah dikonversikan ke
dalam bentuk biner. Anggap ada dua buah register A dan B, masing-masing
register terdiri dari 4 bit biner : A3A2A1A0 dan B3B2B1B0.
Rangkaian Parallel
Adder terdiri dari Sebuah Half Adder (HA) pada Least Significant
Bit (LSB) dari masing-masing input dan beberapa Full Adder pada bit-bit
berikutnya. Prinsip kerja dari Parallel Adder adalah sebagai berikut :
penjumlahan dilakukan mulai dari LSB-nya. Jika hasil penjumlahan adalah
bilangan desimal “2” atau lebih, maka bit kelebihannya disimpan pada Cout,
sedangkan bit di bawahnya akan dikeluarkan pada Σ. Begitu seterusnya menuju
ke Most Significant Bit (MSB)nya.
Tugas lain dari ALU
adalah melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program yaitu
operasi logika (logical operation). Operasi logika meliputi perbandingan dua
buah elemen logika dengan menggunakan operator logika.
Arithmatic Logical
Unit (ALU):
· Bertugas
membentuk fungsi – fungsi pengolahan data komputer.
· ALU
sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan
instruksi – instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya
· ALU
terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean, yang
masing – masing memiliki spesifikasi dan tugas tersendiri.
Fungsi-fungsi yang
didefinisikan pada ALU
adalah Add(penjumlahan), Addu (penjumlahan tidak
bertanda), Sub(pengurangan), Subu (pengurangan tidak bertanda),
and, or, xor, sll (shift left logical), srl (shift right logical), sra (shift
right arithmetic), dan lain-lain.
Arithmetic Logical
Unit (ALU) merupakan unit penalaran secara logic. ALU ini merupakan
Sirkuit CPU berkecepatan tinggi yang bertugas menghitung dan membandingkan.
Angka-angka dikirim dari memori ke ALU untuk dikalkulasi dan kemudian dikirim
kembali ke memori. Jika CPU diasumsikan sebagai otaknya komputer, maka ada
suatu alat lain di dalam CPU tersebut yang kenal dengan nama Arithmetic
Logical Unit (ALU), ALU inilah yang berfikir untuk menjalankan perintah
yang diberikan kepada CPU tersebut.
ALU sendiri merupakan
suatu kesatuan alat yang terdiri dari berbagai komponen perangkat elektronika
termasuk di dalamnya sekelompok transistor, yang dikenal dengan
nama logic gate, dimana logic gate ini berfungsi untuk melaksanakan
perintah dasar matematika dan operasi logika. Kumpulan susunan dari logic gate
inilah yang dapat melakukan perintah perhitungan matematika yang lebih komplit
seperti perintah “add” untuk menambahkan bilangan, atau “devide” atau pembagian
dari suatu bilangan. Selain perintah matematika yang lebih komplit, kumpulan
dari logic gate ini juga mampu untuk melaksanakan perintah yang berhubungan
dengan logika, seperti hasil perbandingan dua buah bilangan.
Instruksi yang dapat
dilaksanakan oleh ALU disebut dengan instruction set. Perintah yang
ada pada masing-masing CPU belum tentu sama, terutama CPU yang dibuat oleh
pembuat yang berbeda, katakanlah misalnya perintah yang dilaksanakan oleh CPU
buatan Intel belum tentu sama dengan CPU yang dibuat oleh Sun atau perusahaan
pembuat mikroprosesor lainnya. Jika perintah yang dijalankan oleh suatu CPU
dengan CPU lainnya adalah sama, maka pada level inilah suatu sistem
dikatakan compatible. Sehingga sebuah program atau perangkat lunak
atau software yang dibuat berdasarkan perintah yang ada pada Intel
tidak akan bisa dijalankan untuk semua jenis prosesor,kecuali untuk
prosesor yang compatible dengannya.
Seperti halnya dalam bahasa yang digunakan oleh manusia,
instruction set ini juga memiliki aturan bahasa yang bisa saja berbeda satu
dengan lainnya. Bandingkanlah beda struktur bahasa Inggris dengan Indonesia,
atau dengan bahasa lainnya, begitu juga dengan instruction set yang ada pada
mesin, tergantung dimana lingkungan instruction set itu digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar