Peripheral komputer merupakan
peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan – keperluan lain.
Misalnya koneksi jaringan, mencetak, ataumengambil
gambar dan lain-lain.
Fungsi: untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar di layar monitor.
Fungsi: untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer.
1.PERALATAN MASUKAN (input device)
Peralatan masukan berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar system ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang di perlukan.
Peralatan masukan berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar system ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang di perlukan.
1.Keyboard
Fungsi: memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
2.Mouse
Fungsi: untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
3.LIGHT PEN
Fungsi: Mirip bolpoin biasa, hanya ujungnya memiliki sensor elektromagnetik. Bisa digunakan untuk menulis, tetapi juga mampu membaca kode-kode khusus yang kemudian diterjemahkan oleh komputer.
4.TRACK BALL
Fungsi: sama persis dengan mouse, hanya tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah yang kita inginkan. Jika badan mouse harus kita gerakkan seluruhnya diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat. Seperti halnya keyboard dan mouse, trackball wireless juga telah ada di pasaran. Bermain game dengan trackball agak lebih sulit dibandingkan mouse.
Fungsi: memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
2.Mouse
Fungsi: untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
3.LIGHT PEN
Fungsi: Mirip bolpoin biasa, hanya ujungnya memiliki sensor elektromagnetik. Bisa digunakan untuk menulis, tetapi juga mampu membaca kode-kode khusus yang kemudian diterjemahkan oleh komputer.
4.TRACK BALL
Fungsi: sama persis dengan mouse, hanya tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah yang kita inginkan. Jika badan mouse harus kita gerakkan seluruhnya diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat. Seperti halnya keyboard dan mouse, trackball wireless juga telah ada di pasaran. Bermain game dengan trackball agak lebih sulit dibandingkan mouse.
2. PERALATAN
PEMROSESAN (prcessing device)
Peralatan proses merupakan unit
proses utama dan terpenting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses
pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau
memproses sampai pada mengeluarkan informasi ke peralatan Output.
1.Motherboard
Fungs:sebagai tempat untuk memasang atau meletakan beberapa peralatan lain seperti: Processor, memory, kabel-kabel data (penghubung) hardisk, Flopy disk, Card (kartu) sepeti: VGA Card, NIC (kartu jaringan) dan lain sebagainya.
2.Processor
Fungsi: sebagai otak pemroses dan pusat pengendali berbagai perangkat lain sehingga komputer dapat bekerja satu dengan lainya.
3.RAM (random acces memory)
Fungsi: untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random.
4.Video Card
Fungsi: untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor.
5.Sound Card
Fungsi: sebagai pengolah data berupa audio atau suara dan sebagai penghubung alat input/output suara ke komputer.
6.Hardisk
fungsi: Menjalankan seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor serta menyimpan setiap data dan informasi
7.CU (control unit)
Berfungsi untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan
8.ROM (read only memory)
fungsi: Untuk menyimpan firmware
1.Motherboard
Fungs:sebagai tempat untuk memasang atau meletakan beberapa peralatan lain seperti: Processor, memory, kabel-kabel data (penghubung) hardisk, Flopy disk, Card (kartu) sepeti: VGA Card, NIC (kartu jaringan) dan lain sebagainya.
2.Processor
Fungsi: sebagai otak pemroses dan pusat pengendali berbagai perangkat lain sehingga komputer dapat bekerja satu dengan lainya.
3.RAM (random acces memory)
Fungsi: untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random.
4.Video Card
Fungsi: untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor.
5.Sound Card
Fungsi: sebagai pengolah data berupa audio atau suara dan sebagai penghubung alat input/output suara ke komputer.
6.Hardisk
fungsi: Menjalankan seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor serta menyimpan setiap data dan informasi
7.CU (control unit)
Berfungsi untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan
8.ROM (read only memory)
fungsi: Untuk menyimpan firmware
3. PERALATAN KELUARAN (output device)
1.Monitor
Fungsi: untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar di layar monitor.
2.Speaker
Fungsi: untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer.
3.Printer
Fungsi: untuk mencetak data/informasi dari komputer dengan kertas.
Fungsi: untuk mencetak data/informasi dari komputer dengan kertas.
4 ploter
Digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan
5. Infocus
Infocus hampir sama dengan monitor. Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan objek lain sebagai media penerima pancaran signal-signal gambar yang dipancarkan. Media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang). Biasanya yang digunakan adalah dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.
KELOMPOK
-SITI SULASTRI
-IQBAL TAMAM
-NOVI YUSTIANAH
-INDAH SAFITRI
-ST NURAENI
-SRI WAHYUNI
-RISKI ARIS MUNANDAR
Digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan
5. Infocus
Infocus hampir sama dengan monitor. Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan objek lain sebagai media penerima pancaran signal-signal gambar yang dipancarkan. Media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang). Biasanya yang digunakan adalah dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.
KELOMPOK
-SITI SULASTRI
-IQBAL TAMAM
-NOVI YUSTIANAH
-INDAH SAFITRI
-ST NURAENI
-SRI WAHYUNI
-RISKI ARIS MUNANDAR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar